Hal kecil dari Pemrograman C++

C++ merupakan salah satu bahasa yang didukung oleh banyak sistem operasi sehingga C++ program C++ yang dibuat bisa dijalankan pada sistem operasi yang mendukungnya dengan syarat harus di-compile ulang terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya.

Namun dalam beberapa hal, jika kita ingin aplikasi C++ dibuat cross platform / platform independent, kita harus mengetahui perintah-perintah sistem operasi yang bersangkutan. Misalnya perintah untuk menghapus layar. Karena C++ tidak memiliki perintah khusus untuk menghapus layar. Di bawah ini contoh perintah menghapus layar dengan menggunakan fungsi system(). FUngsi system digunakan untuk menjalankan perintah-perintah milik sistem operasi.

Untuk sistem operasi DOS :

system("cls");

Untuk sistem operasi Unix atau Linux :

system("tput clear");


using namespace std;

Apasih maksudnya??? Maksudnya adalah kita memanggil namespace yang memiliki nama ‘std’. Namespace ‘std’ merupakan standar namespace dari C++ yang dapat kita gunakan untuk memanggil class/object/fungsi yang terdapat di dalam namespace tersebut. Yup, tentu yang kita panggil dan selalu kita gunakan pada tutorial sebelumnya adalah cout dan cin :) . Bayangkan bila anda tidak mengetikan:

using namespace std;

Pasti anda tidak akan bisa menggunakan :

cout << a << endl;

Karena fungsi dari ‘cout’ itu sendiri berada di dalam namespace std yang harus kita definisikan di awal kode

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini
Tinggalkan komentar dan like Anda

Pages