Peralatan Jaringan Komputer | Networking Tools


Peralatan Jaringan Komputer atau Networking Tools

Sobat pelajar teknik informatika pasti tidak asing lagi dengan jaringan komputer atau sering kita sebut networking tools. Nah kali ini kita bahas lebih lanjut sob apa aja peralatan jaringan komputer beserta fungsinya.

1 .  Tang Crimping


Tang Crimping adalah alat yang digunakan untuk terminasi atau memasang konektor RJ45 dan RJ11 pada ujung kabel UTP. Bentuknya seperti tang namun ujungnya memiliki lobang mirip port ethernet dan biasanya juga dilengkapi dengan blade (mata cutter) yang berfungsi untuk mengupas kabel UTP.

2. Lan Tester

Lan Tester adalah alat yang digunakan untuk mengecek kondisi kabel UTP . Fungsi lengkapnya adalah :

  • Mengecek kondisi kabel dari ujung ke ujung
  • Mencari ujung kabel jika ada banyak kabel dengan warna yang sama
  • Mengecek terminasi / cramping kabel
3. Punch Down Tool / Krone Tool
Punch down tool atau bisa juga disebut krone tool adalah alat yang digunakan untuk terminasi atau pemasangan konektor Modular RJ45 (Female RJ45) fungsinya tidak hanya untuk memasang namun juga bisa digunakan untuk melepas konektor Modular RJ45 yang sudah terpasang di ujung kabel.

4. Tone Checker



Tone Cheker adalah alat yang digunakan untuk mencari ujung kabel yang berada di rack server. Cara kerjanya sama dengan Lan Tester, hanya saja tone cheker tidak mengecek per-pin RJ45, melainkan dengan mengirm signal magnetik dan jika signal tersebut terdeteksi tone cheker akan berbunyi.

5. Barel RJ45
Barel atau bisa disebut Female to Female RJ45 adalah alat yang digunakan untuk menyambung 2 kabel UTP yang sudah di terminasi/dicramping.

Nah, itu tadi adalah beberapa Networking tool yang sering kita jumpai sehari - hari. Jika sobat ingin menambahkan silahkan tulis di komentar sob. see you next post sob.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini
Tinggalkan komentar dan like Anda

Pages