Speedtest dengan MikroTik

Cara Mengukur Kecepatan Internet Dengan Menggunakan Mikrotik



Hasil gambar untuk internet speed

Kecepatan koneksi internet (Bandwith) adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan karena akan berhubungan dengan tagihan dan juga keadilan hak akses di dalam suatu jaringan. Dalam hal tagihan, para network administrator harus memastikan apakah bandwidth yang didapat sudah sesuai kontrak atau paket yang diambil, jika tidak terpenuhi maka akan ada efek yaitu penurunan peforma jaringan lokal yang berimbas pada produktifitas para user yang tergabung dalam jaringan tersebut.

O
leh karena itu kita sebagai network administrator harus sering - sering mengecek kecepatan internet dan juga trafic lokal karena hasil speedtest biasanya adalah sisa bandwidth yang bisa digunakan diluar trafic lokal, jadi semisal kita punya bandwidth 10Mbps dedicated saat di test ternyata hanya dapat 7Mbps. Sebelum komplain ke isp sobat, ada baiknya check trafic ethernet router yang menuju ke lokal, dan tambahkan dengan hasil speedtest.

Cara Hitung Total Bandwith 


Bandwidth total = Hasil Speedtest + Trafic Lokal

Kita simulasikan ehter1 - To ISP dan ether2 - To Lokal, maka perhatikan upload ether2 dan download ether1 baru lakukan speedtest dan gunakan rumus diatas.


Cara Speedtest Menggunakan MikroTik


Untuk sobat single fighter yang menghandle banyak site dan tidak mungkin menggunakan teamviewer hanya untuk melakukan speedtest, ada solusi yaitu dengan menggunakan tool bandwidth test pada mikrotik 

Caranya :  
  1. Buka Winbox kemudian login ke router sobat.
  2. Pilih menu Tools -> Bandwidth Test 
  3. Pada kolom Test to, masukkan ip btest server
  4. Pada Protocol, pilih tcp
  5. Pada direction, pilih both untuk test upload dan download atau receive untuk test kecepatan download saja, dan sent untuk test kecepatan upload saja
  6. Masukkan username dan password router btest serve
  7. Klik Start

Berikut adalah public BTest server :

planetcoop btest server:
Host: btest.planetcoop.com
ipv4: 50.235.23.218
ipv6: 2001:559:8062::20
user and pass: btest
traffic graph of this btest server: https://btest.planetcoop.com:10443/graphs/iface/ether1/

TomjNorthIdaho btest server:
ipv4: 207.32.195.2
user and pass: btest
traffic graph of this btest server: https://207.32.195.2/graphs/iface/ether1/

Jangan lupa gunakan rumus ya sob, sekian untuk minggu ini, see you on next post, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini
Tinggalkan komentar dan like Anda

Pages